peserta lomba 17-an blogfam 2006

Berawal dari ketertarikan atas logo “peserta lomba 17-an blogfam 2006” saat blogwalking, akhirnya gw mendaftar juga di blogfam.

[Setting: Perpustakaan]
Sudah setahun lebih gw nggak kunjungi perpus, tadi sore alam bawah sadar gw seperti menuntun langkah kaki untuk memasukinya kembali, lagian juga dilewati😉 Mungkin ini yang dimaksut dengan “jalan akan menuntun arahnya sendiri” kalau masih ingat filosofinya Pak Janggut di majalah BOBO jaman bahuela, jangan bilang belum lahir😉

Setelah ngisi buku tamu liat area favorite tempat novelnya Sidney Sheldon, masih sama, belum ada buku baru, atau yang baru sedang dipinjam kali. Dari baris novel geser lagi liat-liat yang laen. Kebanyakan buku baru, novel baru, surprise juga waktu liat tumpukan kho ping ho ::Nyengir mode on:: Ingat dulu sering diomeli emak gara-gara telat makan. Nggak lapar kalau belum tamat😉 Tapi gw liat aja, spertinya pengen tapi ntar ajalah.

Sampai dibuku-buku sosial politik baru ingat oh iya gw kan ikutan lomba 17an di blogfam. Trus nyari-nyari buku yang kira-kira cocok buat referensi. Dapat 3 trus bilang ke yang jaga.
+ “Gw pinjam 3 boleh ?”.
~ “Nggak bisa Pak, cuman bisa dua.”
+ “Ini tiga, besok gw balikin”, nyodorin buku + pasang ekspresi datar.
Manjur juga hehehe. Sambil ngisi formulir iseng nanya,
+ “Mas novel bahasa inggris yang di rak sana ada berapa ratus ya ? kira-kira aja.”
~ “Waduh Pak, nggak tau tuh, nggak pernah ngitungin sih.”
+ “Wah ntar kalau ada expat yang nanya gimana ?”
~ “Nggak pernah ada yang nanya tuh”
Hehehehe, giliran gw yang mesem, rasain lu … Tapi nggak lama.
+ “Ya udah sini gw itungin.” “1, 2, 3, … 27, nah satu baris rak anggap 30 novel, trus kali 1, 2, 3 , … 6 baris, kali 6 kolom, kali 2 sama rak yang diujung, berapa tuh ? 6 x 6 36, x 2 72, x 30, 720 x 3 .. sekitar dua ribu seratusan novel.”
~ “Ini Pak bukunya”
+ “OK, makasih ya.” Sambil masukin buku ke tas trus jalan, tapi masih sempat ekor mata liat itu yang jaga ngeliatin rak, ngitung ulang kali, atau mikir ada juga pengunjung yang sedeng gila nyempetin ngitung jumlah buku hehehehe.”

[Setting: Depan kompie kesayangan, background music DT concert Metropolis 2000]
Abis buka email, blog walking sebentar, nengokin kembali yang udah kasih komen dan ngeshout di SB gw. Kemudian ngeklik banner “Peserta Lomba 17an” trus mlototin quote berikut karena kemaren cuma baca sambil lalu:

II.Entry Blog 17-an

1. Tema : Kemerdekaan berekspresi dalam dunia blog.

Sub tema : Kalau saya menjadi presiden RI saat ini.
( peserta bisa mengemukakan pendapat tentang kondisi dan juga menyertakan hal apa yang akan dilakukan ).

2. Panjang tulisan tidak dibatasi.

3. Hasil karya asli penulis. ( kutipan pada beberapa bagian entry diperbolehkan, dengan mencantumkan sumber kutipan ).

4. Menggunakan bahasa Indonesia (termausk didalamnya bahasa serapan, atau bahasa sehari-hari).

5. Aspek penilaian :

a. Kesesuaian dengan tema.
b. Penyajian ( keterkaitan isi cerita dengan gaya bahasa yang digunakan )
c. Originalitas
d. Kreatifitas ( bagaimana penulis mampu mengembangkan cerita ).

Juri Lomba Entry :

Jonru, member blogfam, Penulis Novel
Jaf, moderator blogfam
Benny Rhamdani, member blogfam, Penulis Novel

Yang jadi perhatian duluan Jurinya, rupanya ada 3 orang. 2 Penulis novel satunya belum jelas. Trus gw klik link mereka. Glek .. Ternyata semua penulis kelas berat rek, ada yang udah nerbitin buku segala. Liat judulnya aja “penulis Novel”, kebayang tuh soal tulis menulis, karang mengarang pasti dah biasa bagi mereka. Waduh, kalo mau menang lomba ini yah minimal bikin karangan model cerita, minimal cerpen kayak “tusuk gigi” lah, tapi jangankan bikin karangan panjang-panjang, ngarang cerita sehalaman blog aja belum pernah. ::Garuk-garuk kepala mode on::

Tapi pikir-pikir, siapa tau mereka mempertimbangkan aspek lain. Kembali ke quote, gw liat lagi point-pointnya. Baca atu-atu, kebentur lagi sama point “d“, mampu mengembangkan cerita. Nah lo “cerita” lagi kan ? Waduh gimana ini, udah terlanjur pasang banner lagi, Anyway .. udahlah keep nulis aja, kalah sudah pasti tapi minimal dah ikut berpartisipasi hehehe.

Trus gw lanjut baca lagi baik-baik, Tema: “Kemerdekaan berekspresi dalam dunia blog”. OK, gw dah bisa ngira-ngira bakal nulis apa soal kebebasan berekspresi, ntar bisa gw link ke piagam pbb (tinggal cari di mbah google naskah lengkapnya). Trus baca lagi, Sub tema : “Kalau saya menjadi presiden RI saat ini.” Waduh ini kamsutnya opo ? Apa mau mengarahkan peserta supaya nulis mimpi kalau jadi presiden ? Kayak pertanyaan ke anak tk aje😉 trus dibawah Sub tema ada lagi kalimat dalam kurung “(peserta bisa mengemukakan pendapat tentang kondisi dan juga menyertakan hal apa yang akan dilakukan )“. Nah kan betul, peserta diarahkan lagi supaya nulis soal kondisi aktual sekarang dan apa yang akan dilakukan kalau lo jadi presiden saat ini.

Mengingat latar belakang Juri yang penulis novel, gw jadi mikir beberapa skenario misal buat karangan tiba-tiba gw bangun tidur kaget trus lari ke cermin dan mendapati terperangkap di tubuh SBY, ntar bisa dikembangin adegan-adegan konyol misal lupa tempat naroh sepatu dst, tapi itu terlalu kekanak-kanakanan, trus gw mkir lagi gimana kalau bikin cerita kayak model filem-filem HBO, anak-anak umur 17-an maen-maen misal disumur tua tiba-tiba jiwanya pindah ke SBY, tokoh idolanya ..

Tapi ah, wait … wait .. Kalau liat kalimat dalam kurung spertinya mereka ingin tulisan model “jika lu jadi presiden, apa yang akan lu lakukan dengan kondisi “sosbudpolhankam eko” sekarang ini. Eko +an gw, maksutnya ekonomi hehehe. Artinya ini berarti mereka ingin tulisan model pendapat lo, atau catatan-catatan reflektif model “tajuk rencana”nya KOMPAS eh, masih ada kah ? Or model tulisan editorial gitu.
Kayaknya ini deh … cocok dah dengan buku yang gw pinjem barusan:
1. Mencintai Indonesia dengan Amal, Eep Saefulloh fatah, Gramedia 2004.
2. Menuju Indonesia Baru, Hasyim Muzadi & Benediktus Bosu, Bayumedia 2004.
3. Dari Presiden ke Presiden, Victor Silaen, UKI Press 2003.

[Bolak balik buku, baca cepat, background music, masih DT concert Metropolis 2000]
Hening sesaat … Kemudian jari-jari gw mulai mengetik …

korupsi adalah akar dari semua masalah yang dihadapi bangsa ini …




mYLife_

~ by MaIDeN on August 16, 2006.

7 Responses to “peserta lomba 17-an blogfam 2006”

  1. Saya baru saja td sore meminjam 2 buku di Perpustakaan. Library indeed, is one of my fave place in the world…

    and soal Pak Janggut?? Duh, itu mah gw bangged gt looh..bacaan dr kecil, ampe dikliping sgalah tuh!

    “korupsi adalah akar dari semua masalah yang dihadapi bangsa ini …”

    hmm..klo menurut aku sih “Kebiasaan membuang sampah sembarangan, adalah akar dr kacau-nya Indonesia…”

    http://tyka82.tk

  2. Ciee..ikutan juga nih..

    btw,detil bgt sih?koma aja ampe diperhatiin..Tapi bener kok,thx koreksinya..

    Cerewet apaan nih??

    Maleeeeeeeemmmmmmm…….

  3. gak mau jadi Presiden berikutnya ach, entar suruh balikin utang dari pejabat2 sebelumnya.

    konyol juga sempet2in ngitung buku, hehe…

  4. berat pembahasan nya euyy ;p

  5. hihihihi..hidup untuk bangsa yang penuh dnegan basa basi!!!

  6. se7!!! korupsi memang awal dari segala masalah yang kini menima bangsa kita. dari yang 32 tahun korupsi sampe sekarang yang baru aja diangkat pun uda mulai korup sana-sini. huh! itu namanya bukan mensejahterakan rakyat! tapi nyekek rakyat! kekkkkk… *semua rakyat indonesia mati tercekik mereka yang korup!*

  7. Semoga menang ya mas…!!!

    Jgn kerasukan ke tubuh SBY, jadi pengantinya saja kelak !!!

Leave a Reply

 
