Waktu adalah uang

Dulu dijaman belum sebelum kerja punya waktu banyak sekali, so mau antri berjam-jam atau menunggu berhari-hari pun nggak ada masalah asalkan nggak nyogok supaya urusan dipercepat. Sekarang paradigma berubah, berhubung waktu sangat berharga, idealisme jadi tererosi. Kasih uang “untuk percepatan urusan” menjadi halal, tentunya disesuaikan dengan harga pasaran😉.

Nyogok untuk memudahkan urusan idealnya harus dihindarkan sejauh mungkin. Bilang “tidak” pada kesempatan pertama saat calo atau pegawai pemerintah menawarkan jasanya untuk mempercepat proses. Nyogok tentunya harus dilihat sebagai alternatif terakhir saat kita melihat tidak ada alternatif lain semisal tidak ada waktu yang cukup untuk menunggu proses yang begitu lama.

Ini postingan terinspirasi dari training setengah hari kemaren. Sepanjang training cuma kepikiran, kapan Indonesia bisa hukum yang detail kayak gini. IMO, hukum di Indonesia, kebanyakan abu-abu a.k.a ngaret jadi permainan mereka yang punya kuasa dan uang banyak. Apalagi ngarepin perusahaan ato pelaku usaha ikut dalam kemitraan memberantas korupsi. Jauh…. hi Pertamina😉



mYOpinion_

~ by MaIDeN on September 6, 2006.

3 Responses to “Waktu adalah uang”

  1. inget ini sahadja boeng : “djadila matjem ikan di laoet !”, lingkoengan bole asin, aken tapi kitaorang poenja badan tetep tawar. “Ngeli tanpo keli”, hanjoet tanpa terhanjoet….

  2. Inalillahi wa inaillahi rojiun…
    Kasus serupa yang terjadi di Bandung, kini menimpang juga di Bekasi…. sedih, koq bisa terjadi seperti ini…

    Bingung juga mau menyalakan siapa,… banyak org yg lepas tangan akan kasus ini,.. Kalo sudah ada korban, mana ada org yang mau tanggung jawab…😦

  3. kata pertamina : ” hai juga.. “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: