Seputar kudeta di Bangkok

Raja Bhumibol, panutan yang dipercaya selalu akan membawa jalan keluar dari setiap krisis yang terjadi di Thailand, akhirnya resmi memberikan restu dalam seremoni yang disiarkan televisi nasional Thailand Jum’at (22/9/2006). Keesokan harinya, Jendral Shonti Boonyaratglin beserta pemimpin militer lainnya berkumpul di Bangkok (23/9/2006) untuk membahas siapa yang akan ditunjuk menjadi PM baru. Kudeta damai dalam perspektif tidak ada kekerasan fisik yang terjadi saat kudeta dilancarkan, menyisakan persoalan-persoalan lanjutan semisal status hukum keluarga Thaksin yang ditahan di Bangkok, kapan larangan berita yang menggalang opini publik di hapuskan.

Thaksin sendiri, yang digambarkan melesat bak meteor tapi jatuh secara dramatis, masih berada di apartemennya di London sambil memikirkan aset-asetnya di Bangkok dan tentu saja ancaman tuntutan hukum kalau kembali ke Bangkok.

Peristiwa kudeta ini selain mewarnai jalan hidup Thaksin, juga ternyata bikin syok PM Malaysia, bikin Amerika (seperti biasalah) keluarkan statement angkuhnya, dan seperti biasa juga, langsung diamini Deplu padahal sehari setelah kudeta (20/9/2006) bilang bahwa itu urusan dalam negeri Thailand.

Yang menarik dari peristiwa kudeta ini tentu saja comment-comment dari dalam negeri, semisal Din Syamsudin yang mengkaitkan kudeta dengan kesejahteraan rakyat, pengamat militer Letjen (Purn) Agus Widjoyo yang mengatakan TNI belum mempunyai tradisi kudeta, dan terakhir tentu saja tidak ketinggalan, komentator besar aset negeri ini, siapa lagi kalau bukan Gusdur yang rupanya mendukung kudeta



mYOpinion_

~ by MaIDeN on September 23, 2006.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: