Unduh, unggah, tembolok ..

Jika mengunjungi blog-blog atau situs tertentu dan menemui kata seperti unduh, unggah atau tembolok janganlah sebel kayak gw yang malah ngerasa garing mbacanya.
Itulah sebenar-benarnya kata serapan dari bahasa inggris yang sudah dibakukan. Dari hasil ngebrowse ngeramban di Mbah Google, rupanya istilah-sistilah tersebut sudah dibakukan sejak tahun 2001. Baca sumbernya disini.

Nah lho …
Mungkin ini udah basbang bagi lu yang baca, tapi nggak bagi gw๐Ÿ˜‰. Kata-kata tersebut malah terdengar asing, aneh dan rada geli mengucapkannya seperti:
account akun
browse ramban
cracker perengkah
cached tembolok
download unduh
hacker peretas
error galat
explorer penjelajah
file berkas
folder pelipat
homepage laman
hyperlink hipertaut
interface antarmuka
list senarai
password sandi lewat
record utas
thread ulir
HTML(hyper text markup language) Bahasa markah hiper teks(BMHT)
scan pindai
server peladen
trace runut
upload unggah
up ungguh
view tilik
wizard cekatan

Sebagai warganegara yang (harusnya) berbakti kepada negara, pemakaian bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai EYD sudah selayaknya kita lakukan. Masalahnya tentu bukan kepada soal ketidaktahuan dan kemalasan seperti kutipan berikut dari KOMPAS,

Di masa ini kaum muda akan mati kutu bila diminta berpikir dan mencari padanan dalam bahasa Indonesia untuk istilah-istilah Inggris yang dipakainya. Bukan karena padanan itu tidak ada, tetapi mereka tidak tahu dan malas mencari tahu. Mereka tidak berusaha meng-Inggris-Inggris-kan diri seperti generasi terdahulu. Mereka bengong saja di-Inggris-kan oleh lingkungannya.

… tetapi semuanya dikembalikan ke kita-kita sebagai penulis, pembaca, pembicara dan pendengar. Sehingga pendapat amal bahwa masalahnya bukan pada persoalan benar atau salah, melainkan terasa sudah pas atau belum di lidah kita mejadi lebih bijak.

mYOpinion_

~ by MaIDeN on October 6, 2006.

5 Responses to “Unduh, unggah, tembolok ..”

  1. ini dulu sempat jadi perdebatan sekaligus gurauan menggelikan di kampus, terutama mouse tetikus๐Ÿ™‚
    Tapi ternyata memang lebih puas menulis dengan menggunakan bahasa sendiri..

  2. no comment … just visit to say met malam minggu๐Ÿ˜€

  3. Saya setuju sebaiknya dibiasakan pakai bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD untuk tulisan-tulisan resmi. Untuk sehari-hari ya yang sifatnya ucapan… mungkin bisa disesuaikan dengan sikon aja, di komunitas mana kita bicara. Kalau lagi nyante ..kayak ngeblog gini ( ngeblog santai gak sih?๐Ÿ˜€ ) ya… gpp suka2 yg nulis๐Ÿ˜‰

  4. Bahasa sebenarnya buat apa sih..?
    Buat komunikasi khan..
    mau itu baku, ga baku yang penting nyambung khan..
    Kenapa juga kita harus mikirin susah payah pandananya kalokita ga tau…
    buat generasi yg lain aja deh…,kalo gw mah..udah susah mobelajar bahasa…..
    udah penuh nih memori sama ……
    apa ya…,tuh khan susah mikirnya….
    hikhihkihihk

  5. itu bahasa indonesia yah?? bukannya bahasa melayu? *bingung*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: