Blog : Hanya Ajang Perkoncoan ?

Johan Wowor menulis diblognya dengan judul yang cukup panas, Blog : Hanya Ajang Perkoncoan? Barangkali hanya karena nggak masuk tipi aja makanya para sesepuh blogger negeri ini nggak begitu “kebakaran jenggot”πŸ˜‰ seperti kasusnya Roy Suryo yang terkenal itu.

Diblognya, Johan bertanya, apakah yang Anda harapkan dengan blogwalking dimana Anda meninggalkan komen di blog yang Anda kunjungi? Apakah anda sedang membangun komunitas? Jaring perkoncoan? atau Pertemanan dalam kesamaan ide? Pernyataan selanjutnya dari Johan adalah bahwa
kebanyakan kita cenderung mencari kesamaannya saja ketimbang konfrontasi dalam pemikiran. Perbedaan pendapat riskan menimbulkan “musuh”. Jadinya ya yang positif-positif sajalah kalau meninggalkan komen !

Menurut Om Tyo, sebagai jawaban atas pertanyaan ini menulis bahwa karena kebanyakan tujuan ngeblog bagi blogger indonesia hanyalah untuk bersenang-senang dan berkawan, pengerahan otak berlebihan tentu saja akan dihindari. Sehingga fasilitas komen tidak lebih pada akhirnya hanya menjadi ajang untuk silaturahmi saja. Dan tentu saja kaburnya beberapa pengunjung tetap yang dikeluhkan Johan karena dia pernah memberi komen konfrontatif di blog mereka menjadi hal yang wajar.

Jadi kesimpulannya, sebelum kasih komen nilai dulu type blog yang mau kita komeni tersebut. Kalau tergolong blog for fun, nggak perlulah susah-susah keluar energi bikin komen yang berisi. Sperti yang ditulis Om Tyo,

Yang penting silaturahmi, begitu kira-kira. Pendapat masing-masing cukup ditangkap sekilas, dan bukan dosa kalau lain kali lupa.

Dan untuk blog bertopik khusus yang padat debat, ada baiknya mengikuti anjuran Priyadi untuk tidak menulis comment sperti dibawah ini:

* Bahwa tulisan saya tidak cukup penting atau tidak berguna baginya.
* Bahwa saya terlalu banyak menulis tulisan pada topik tertentu.
* Bahwa saya tidak menulis tulisan bertopik tertentu.
* Bahwa tulisan di blog lain lebih bermutu daripada tulisan di blog saya.

mYOpinion_

~ by MaIDeN on November 20, 2006.

12 Responses to “Blog : Hanya Ajang Perkoncoan ?”

  1. blogwalking merupakan salah satu bentuk sosialisasi di dunia maya. walaupun harus meninggalkan komen, tergantung dari muatan artikel yang ditulis di pemilik blog yang kita kunjungi.
    jadi bisa ringan atau juga bisa serius…ato mungkin malah lebih sok tau…hehehe…

  2. johan wowor itu sapah?? doooh… apapun yang dikatakan orang tentang blog… aku sih cuek dan tetep mo nge-blog… peduli wowor deh ah… huehehehe

  3. Yang jelas, menulis blog yang meng-konfrontasi orang atau badan tertentu bisanya menjadi magnet bagi para blogwalker. Lihat saja berapa jumlah komen di blog priyadi yang isinya konfrontatif.

  4. blog itu, buat menambah wawasan, nambah temen, nambah ilmu juga, pokoknya bisa ketemu hal2 yang baru deh dari dunia blogger .. hehehe

  5. Hahahaha ……… johan wowor tuh gw …. btw, khan nggak penting sebuah pendapat itu dilontarkan oleh siapa .. yg penting itu intinya pendapatnya ….. (seakan-akan gw mengklaim pendapat gw penting) .. :))

  6. mo perkoncoan ato numpang nitip sekilas pikiran/comment atas tulisan yg sempat terbaca,yg jelas asik jg ada dapat teman dari blogπŸ™‚

    tergantung sih,ga bisa disama ratain,kebetulan blog yg sering aku samperin yg isinya ttg kehidupan sehari hariπŸ˜€ atau buku harian online

  7. makasih ya udah mampir ke blogku. wah, manjur banget tuh saran sakit kepalanya: dugem aja. I did that already, and yesss, manjur! Thanks ya!

    soal blogwalking dan ngasih komen, kalau saya sih karena tertarik sama kepribadian si blog, dan tergantung juga apakah saat itu saya sedang capek di depan kompie atau enggak. kalau lagi seger-segernya, dijamin setiap blog yang nggak saya kenal pun pasti saya sambangi dan saya tinggali jejak.

    so, happy blogging ya.

  8. seperti yg pernah saya komen sebelumnya, blgging untuk menyalurkan isi kepala yg lagi ruwet. mengenai komen dan laen2, saya serahkan ke individu saja. yang jelas, saya ga bisa basa basi dan ga suka komen basa basi juga. klo kebetulan postingannya konfrontatif, knapa musti juga bermanis2 nanggepin? dan juga, klo saya tak membalas komen2 di blog, bukan berarti tak menghargai khan?

    knapa saya bingung ma komen saya ndiri, bung?πŸ˜€

  9. Apapoen itoe iang penting ik poenja banja kawan….

  10. saya sih lebih suka komen positip ajah, karena emang tujuan ngeblog atau blogwalking ya pengen menjalin silaturahmi bukannya cari musuh. saya mungkin akan menghindari berkomentar ketika muatan artikel si empunya blog terasa ‘berat’

  11. hayah whatever he said dah..mo tinggalin komen ya serah kita dunk..di baca postingan na trus di kasih komen..gampang kan hehehhe
    itu aja di wat susahh
    idup ngeblogg hehehehe

  12. anda pernah masuk blog saya kan? sekali saja anda baca postingan saya, satu saja, anda bisa tahu bagaimana saya di dunia nyata kan..? kira kira apa yang anda tangkap dari interaksi berbagai macam komentar dan komentator di situ?πŸ™‚

Leave a Reply

 
